Sabtu, 15 Februari 2020

Februari 15, 2020
PERSIAPAN 
HOLYLAND 2020 KOTA JAYAPURA

Mengawali persiapan siarah menuju Israel, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura, yang terdiri dari para pendeta setiap gereja di Kota Jayapura, mengadakan rapat perdana pada Sabtu, 15 Februari 2020, pukul 18.00-20.45 WIT, bertempat di ruang rapat Wali Kota Jayapura. Pertemuan perdana peserta Holyland 2020 bersama pihak Worl Holiday Tour and Travel itu, diawali doa oleh Pdt. Sussy Patty, S.Si., M.Si. Selanjutnya peserta Holyday diwajibkan mengisi formulir perjalanan wisata yang telah disediakan pihak travel.
Pertemuan yang berlangsung itu dihadiri pejabat Pemerintah Kota Jayapura, yang diwakili Asisten II Sekda Kota Jayapura, Drs. Amos Salossa, Kepala Badan Keuangan Kota Jayapura, DR. Adolof  Z. Siahay., SE, M.Si, Ak, CA dan  Ketua Badan Pekerja Klasis GKI Port Numbay, Pdt, Hein Carlos Mano, S.Th, M.Si.
Adapun pesan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, yang disampaikan Asisten II Sekda Kota Jayapura menjelaskan bahwa “perjalanan siarah menuju Israel merupakan program pemerintah Kota Jayapura bagi para pendeta. Tujuan perjalan siarah dimaksudkan agar para pendeta melihat secara langsung perjalanan pelayanan Yesus di waktu lalu, berdasarkan kesaksian Alkitab yang sering dikhotbahkan kepada jemaat. Karena itu, sangat diharapkan kepada peserta Holyland 2020 Kota Jayapura agar serius mengikuti perjalanan siarah itu dengan baik di dalam pertolongan Tuhan”, demikian tegas Asisten II Sekda Kota Jayapura mewakili Wali Kota Jayapura.
Mewakili Gereja-gereja di Kota Jayapura, Ketua Badan Pekerja Klasis GKI Port Numbay, Pdt, Hein Carlos Mano, S.Th, M.Si, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura yang telah menetapkan program perjalanan siarah ini bagi para pendeta di Kota Jayapura. Pendeta Mano pun menegaskan bahwa “siarah ke Israel merupakan kesempatan bagi para pendeta untuk melihat secara dekat seluruh kesaksian Alkitab yang masih tertinggal sampai sekarang ini. Artinya teori dalam Alkitab secara nyata dibuktikan lewat praktek perjalanan kunjungan ke Israel.”
Lalu kemudian, penyampaian selanjutnya dari pihak World Holiday Tour and Travel yang diwakili oleh Hana Theresia selaku Tour Lieder, di kesempatan itu menyampaikan tentang perjalanan sebelas hari Israel-Mesir (11D Holyland+Mesir) dan Estimasi Jadwal keberangkatan bagi peserta Holyland 2020 Kota Jayapura.
Adapun Jadwal Holyland 2020 yang disampaikan Hana Theresia adalah sebagai berikut: 
1.        Hari Pertama: Jayapura-Jakarta (Sabtu, 21 Maret 2020)
Peserta Holyland 2020 Kota Jayapura dari bandara Sentani menuju Jakarta dengan menumpangi pesawat Batik Airlines. Keberangkat pada pukul 08.00-11.00 WIT. Setibanya di Jakarta peserta dijemput guide Tour World Holiday untuk makan siang dan breafing tour. Setelah itu, peserta diantar kembali ke airport terminal 3 penerbangan internasional menuju Cairo. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu siang dan malam.
2.        Hari Kedua: Jakarta-Cairo (Minggu, 22 Maret 2020)
Peserta Holyland 2020 Kota Jayapura dari Jakarta pukul 00.15 WIT menuju Cairo dengan maskapai Emirates Airlines. Penerbanga menuju Cairo 13 jam 5 menit, dengan jarak tempuh 8973 kilometer.
Setibanya di Cairo peserta Holyland 2020 Kota Jayapura dijemput oleh tour guide  World Holiday Tour di bandara Cairo. Kemudian, setelah sesi perkenalan, peserta diajak mengunjungi Abu Serga Church, Ben Ezra Synagoguge, Hanging Church dan St. Simon the Tanner Church. Selanjutnya, peserta diantar menuju hotel yang ditentukan pihak travel untuk melakukan checing dan istirahat. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
3.        Hari Ketiga: Cairo-Sharm El Sheik (Senin, 23 Maret 2020)
Di hari ketiga ini peserta Holyland 2020 Kota Jayapura mulai city tour dengan mengunjungi Giza untuk melihat salah satu dari ketujuh keajaiban dunia, yaitu Piramida Raja Cheops, Chepren dan Mekurinus serta patung Sphinx. Lalu peserta melanjutkan perjalanan menuju Sharm El Sheik melalui Mara dan Elim. Setelah itu peserta menuju hotel yang telah disiapkan pihak travel untuk checing dan istirahat. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
4.        Hari Keempat: Sharm El Sheik-Taba (Selasa, 24 Maret 2020)
Di pagi hari, setelah makan pagi di hotel, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura diajak ke St. Chaterina (daerah kaki gunung Sinai). Peserta akan diajak mendaki Gunung Sinai, tempat nabi Musa menerima sepuluh hukum Tuhan atau yang disebut The Ten Commandements, dengan berjalan kaki atau menumpangi Onta. Setelah turun dari gunung Sinai, peserta akan diantar menuju Taba untuk bermalam di sana. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
5.        Hari Kelima: Taba-Bethlehem (Rabu, 25 Maret 2020)
Setelah bagun pagi, peserta menyiapkan diri menuju perbatasan Taba Border. Melewati proses imigrasi Israel, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura menuju ke Yerikho untuk mengunjungi pohon Sycamore dan gunung Temptation. Lalu kemudian, peserta diajak menuju Qumran dan menikmati renang di pantai Kalya Laut Mati dan kemudian menuju Bethlehem untuk mengunjungi Chruch of Nativity. Peserta akan bermalam di Bethlehem. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
6.        Hari Keenam: Bethlehem-Jerusalem-Bethlehem (Kamis, 26 Maret 2020)
Di hari keenam ini, setelah persiapan diri di waktu pagi, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura di antar menuju Ascension Church, Pater Noster, Taman Getsemani dan Tembok Ratapan. Setelah itu peserta pun diajak mengunjungi St. Anne’s Church, Pool of Bethesda dan menyusuri Via Dolorosa dan selanjutnya mengunjungi Garden Tomb untuk melakukan misa di sana. Setelah misa di Garden Tomb, peserta pun mengunjungi Shepherd Field dan selanjutnya diantar menuju hotel yang telah disiapkan pihak travel untuk beristirahat. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
7.        Hari Ketujuh: Bethlehem-Tiberias  (Jumat, 27 Maret 2020)
Di waktu pagi, setelah persiapan diri dan sarapan pagi, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura diantar menuju Mt. Zioin, Upper room, David’s Tomb dan St. Peter in Gallicantu. Kemudian, peserta melanjutkan perkunjungan  ke Cana untuk melakukan misa di The Wedding Church, lalu menuju Nazareth untuk mengunjungi Church of Annunciation. Peserta kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Tiberias dan bermalam di sana. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
8.        Hari Kedelapan: Tiberias-Hermon-Tiberias (Sabtu, 28 Maret 2020)
Di hari kedelapan peserta Holyland 2020 Kota Jayapura akan mengunjungi Mt. Hermon. Menuju Mt. Hermon ini peserta akan menggunakan chairlift (kereta gantung terbuka). Di siang hari peserta akan mengunjungi Mt. Tabor dan Yardenit dan selanjutnya menumpangi Boat Ride menuju Danau Galilea. Akhir perjalan hari kedelapan ini, peserta diantar kembali ke Tiberias untuk beristirahat di sana. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
9.        Hari Kesembilan: Tiberias-Amman Airport (Minggu, 29 Maret 2020)
Holyland hari kesembilan yang jatuh pada Minggu 29 Maret 2020, peserta mempersiapkan diri untuk check out hotel dan menuju Mt. Beautitudes, Tabgha, Primacy, Capernaum. Selanjutnya peserta ditransfer menuju perbatasan dan melanjutkan perjalanan ke Mt. Nebo dan makan malam di sana. Usai makan malam, peserta Holyland 2020 Kota Jayapura diantar menuju Amman Airport untuk melakukan penerbangan menuju Jakarta. Makan bagi peserta terjadwa pada waktu pagi, siang dan malam.
10.    Hari Kesebelas: Aman-Dubai/Oman-Jakarta (Senin, 30 Maret 2020)
Di hari ini peserta Holyland 2020 Kota Jayapura kembali ke Jakarta melewati Dubai atau Oman. Diperkirakan peserta transit di kota itu sekitar 4 jam 40 menit dan melakukan penerbangan menuju Jakarta. Setelah peserta tiba di Jakarta, peserta diantar menuju hotel Zest Airport yang disiapkan pihak travel untuk beristirahat.
11.    Hari Keduabelas: Jakarta-Jayapura, Papua (Selasa, 31 Maret 2020)
Tepat hari Selasa, 31 Maret 2020 merupakan hari terakhir Holyland 2020 Kota Jayapura. Peserta akan diantara dari hotel Zest Airport menuju bandara Soekarno-Hatta untuk melanjutkan perjalanan terakhir menuju Sentani Airport (Jayapura City).
Demikian perjalanan Holyland 2020 Kota Jayapura yang disampaikan pihak travel.
Dan akhirnya, di akhir pertemuan perdana Holyland 2020 Kota Jayapura, Pdt. Moses Pulalo, M.Th (Ketua BPK Bakal Klasis Muara Tami), mewakili seluruh peserta menaikan doa syukur atas kasih Tuhan disepanjang pertemua dimaksud, sekaligus mengakhiri pertemuan perdana peserta Holyland 2020 Kota Jayapura.


Selamat Mempersiapkan Holyland 2020
Kota Jayapura










0 komentar:

Posting Komentar